-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Padang Pariaman

https://www.mardatanews.com/2024/01/hadiri-malam-syukuran-bersama.html

Tag Terpopuler

Pelatihan Menulis Kreatif, Plt. Bupati Rahmang Harapkan Lahirnya Penulis Yang Handal

Rabu, 02 Oktober 2024 | Oktober 02, 2024 WIB Last Updated 2024-10-02T03:04:19Z

   Terbit Rabu,2 0ktober 2024

 Mardatanews.com.Pariaman,-Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Padang Pariaman Drs. Rahmang, MM, buka Pelatihan Menulis Kreatif Untuk meningkatkan Literasi bagi Guru SMP/SMA sederajat dan siswa SLTA se Padang Pariaman, di Aula Dinas Arsip dan Perpustakaan Di Pariaman, senin 1 Oktober 2024.


Bupati Rahmang menilai kegiatan tersebut merupakan upaya strategis untuk meningkatkan literasi dikalangan Pendidik dan Peserta Didik di Padang Pariaman, karena menurutnya, literasi merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh para Guru dan siswa di era digitalisasi dan modernisasi ini. 


Bukan hanya persoalan membaca dan menulis, namun kemampuan untuk memahami, menilai dan menyampaikan informasi secara efisien.


"Saya berharap kegiatan ini akan dapat mengembangkan keterampilan menulis yang akan memberikan inspirasi dan motivasi bagi para guru dan siswa" harapnya 


Lebih lanjut Rahmang menyebutkan bahwa untuk menjadi seorang penulis, tidaklah mudah karena memerlukan proses, pelatihan dan kesabaran, tak ada penulis yang hebat tanpa pengalaman dan dedikasi. 


"Oleh karena utu saya harapkan para peserta terus meningkatkan kapasitas diri dan kemampuan untuk menjadi penulis sehingga akan lahir penulis penulis yang handal di Padang Pariaman" harapnya


Kepala Dinas Asip dan Perpustakaan, Erman S.Sos. melaporkan dalam pelatihan menulis kreatif untuk meningkatkan literasi guru SMP/MTs dan SMA/SMK/MA serta siswa SLTA se Kabupaten Padang Pariaman, terdapat beberapa target kegiatan selanjutnya yang perlu dilaksanakan.


Pertama, pengembangan materi pembelajaran berupa modul atau buku panduan menulis kreatif dapat menjadi referensi bagi guru dan siswa. 


Selain itu, pelaksanaan workshop lanjutan secara berkala untuk memperdalam teknik menulis, serta program mentoring di mana guru yang terlatih membimbing siswa, akan sangat membantu. Kompetisi menulis juga direncanakan untuk mendorong kreativitas, diikuti dengan penerbitan karya siswa dan guru sebagai hasil dari pelatihan.


Sementara itu Kabid Perpustakaan Yen Hendri juga menyebutkan Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari ini, menyasar para guru SMP/SMA se derajat se Kabupaten Padang Pariaman dengan masing peserta sebayak 100 orang.


(Red/Ikp)


Dirinya berharap melalui pelatihan ini, para peserta akan memiliki dasar dasar keilmuan dalam menjadi seorang penulis. 


Acara ini menghadirkan narasumber yang berkompeten yaitu Armaidi Tanjung yang telah banyak menulis buku dan Ami Gusra seorang penggiat Literasi di Padang Pariaman.

Bolasport

×
Berita Terbaru Update