-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Padang Pariaman

https://www.mardatanews.com/2024/01/hadiri-malam-syukuran-bersama.html

Tag Terpopuler

Bunda Literasi Padang Pariaman Ny. Yusrita Suhatri Bur, Berharap Duta Baca Dapat Menginspirasi Masyarakat

Kamis, 05 September 2024 | September 05, 2024 WIB Last Updated 2024-09-05T16:24:17Z

.      Terbit kamis,5 September 2024

 

Mardatanews.com.Parit Malintang Padang Pariaman---Bunda literasi kabupaten Padang Pariaman yang juga merupakan ketua TP PKK, Ny Yusrita Suhatri Bur, buka kegiatan Grand Final Pemilihan Duta Baca tingkat Kabupaten Padang Pariaman tahun 2024 yang dilangsungkan di Hal IKK Parit Malintang pada Rabu /4/9/24


Mengawali sambutannya Yusrita menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas dilaksanakannya nya kegiatan ini. Katanya kegiatan ini perdana dilakukan di Padang Pariaman, oleh karena itu Dia berharap untuk dapat digelar setiap tahun. 


"Saya apresiasi atas kegiatan ini, kegiatan ini sangat memberikan nilai positif dalam meningkatkan minat baca bagi generasi muda dan masyarakat, semoga di agendakan setiap tahunnya" sebut Yusrita.


Katanya membaca diajarkan mulai dari jenjang pendidikan terendah seperti pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Kemampuan dan kesenangan membaca merupakan modal dan faktor penting dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembangunan masyarakat untuk hidup lebih cerdas, berwawasan luas dan tangkas dalam menghadapi peluang dan tantangan di era globalisasi dan kemajuan teknologi.


Selanjutnya Yusrita membeberkan pentingnya kampanye gemar membaca di Padang Pariaman, katanya dalam rangka pelaksanaan kampanye dan sosialisasi peningkatan kegemaran membaca, pemerintah pusat dan pemerintah daerah memfasilitasi dan mendorong. Pembudayaan Kegemaran Membaca (PKM). 


"Oleh karena itu Pemerintah Daerah harus menyediakan bahan bacaan bermutu, murah, dan terjangkau serta sarana dan prasarana perpustakaan yang mudah diakses" Imbuhnya


Ditambahkannya Duta Baca berfungsi sebagai motivator, inspirator, dan figur keteladanan (role model) masyarakat Indonesia dalam aspek minat baca dan kegemaran membaca.


Dia berharap melalui Duta Baca yang memiliki orientasi pada keunikan dan karakteristik daerah/kearifan lokal diharapkan mampu mempercepat tumbuhnya budaya masyarakat gemar membaca dan belajar sepanjang hayat.


"Saya berharap Duta Baca yang terpilih menjadi pemenang ataupun belum, nantinya akan tetap berkomitmen motivasi, serta  menginspirasi masyarakat dalam Pembudayaan Kegemaran Membaca dan kecakapan literasi" harapnya


Sementara itu Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Erman, menyebutkan kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan peningkatan minat baca lapisan masyarakat agar terlibat aktif dalam kegiatan literasi.


Kegiatan berlangsung meriah, dengan menghadirkan dewan juri berkompeten seperti  Dr. Arwendria, S.IP, M.Si Dengan profesi sebagai Lektor UIN imam bonjol Sumatra Barat,  Juri 2 Dr. Ardoni, M.Si Dosen FBS UNP, dan Juri 3 Novi Hardi yang merupakan duta baca Sumatra Barat.


Berikut Pemenang Duta Baca Padang Pariaman tahun 2024 Juara 1 Reni Yeni S.Pd (kec. IV koto Aur Malintang), Juara 2 Dewi Kumala Sutra, M.Pd (Kec. Batang Anai), Juara 3 Ayu Lastri (Kec.Nan Sabaris).


(Red/lkp)

Bolasport

×
Berita Terbaru Update