-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Padang Pariaman

https://www.mardatanews.com/2024/01/hadiri-malam-syukuran-bersama.html

Tag Terpopuler

Bebas Nagari Tertinggal, Bupati Suhatri Bur "Alhamdulillah Berkat Kerja Keras dan Komitmen Kita Bersama

Selasa, 03 September 2024 | September 03, 2024 WIB Last Updated 2024-09-03T07:28:17Z

.      Terbit Selasa,3 September 2024
 


 Mardatanews.com.Parit Malintang Padang Pariaman,- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dari tahun ketahun terus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat nagari, meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan nagari menuju kemandirian nagari-nagari.


Peningkatan status perkembangan nagari yang setiap tahunnya dinilai oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa PDTT dalam Pengukuran Skor Indeks Desa Membangun (IDM) dan pengukuran capaian dari indeks Sustainable Development Goals Desa (SDGs Desa). 


Sehingga capaian peningkatan pembangunan nagari ini dapat dilihat dari terjadinya perubahan status nagari dari Nagari Sangat Tertinggal, Nagari Tertinggal menjadi Nagari Berkembang, Nagari Maju dan Nagari Mandiri. 


Dirinya menyebutkan pada awal kepemimpinannya di 2021, dari 103 Nagari di Padang Pariaman, hanya terdapat 3 nagari yang berstatus Nagari Mandiri, 37 Nagari Maju, 61 Nagari masih dengan status Berkembang, dan masih terdapat adanya 2 Nagari dengan status Nagari Tertinggal berdasarkan penilaian Indeks Desa Membangun (IDM) yang diterbitkan oleh Kementerian Desa PDTT.


"Alhamdulillah berkat kerja keras dan usaha kita bersama berdasarkan hasil pemutakhiran data IDM tahun 2024 yang telah dilaksanakan dari 103 Nagari kita, terjadi peningkatan yang sangat signifikan berupa kenaikan jumlah status Nagari Mandiri dari semula di Tahun 2021 sebanyak 3 Nagari menjadi 21 Nagari Mandiri di Tahun 2024. Pada Tahun ini juga semua Nagari kita sudah lepas dari status Nagari Tertinggal" terang Suhatri Bur saat menerima laporan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa di Ruang Kerjanya Komplek Kantor Bupati Parit Malintang beberapa waktu lalu. 


Dilanjutkannya, saat ini Indeks Perkembangan Nagari di Padang Pariaman menjadi  21 Nagari sudah dengan status nagari Mandiri, 45 Nagari sudah dengan status Nagari Maju dan hanya tersisa sebanyak 37 Nagari dengan status masih Nagari Berkembang, tetapi saat ini tidak ada lagi nagari dengan status sangat tertinggal maupun nagari tertinggal di Kabupaten Padang Pariaman, itu artinya Kita bersama telah berhasil mengentaskan ketertinggalan nagari-nagari di Padang Pariaman.


Perkembangan ketentuan dalam pengaturan penyelenggaraan pemerintahan nagari memang sangat dinamis, dimana terjadi berbagai perubahan yang sangat cepat dalam tata cara pengelolaan pemerintahan nagari. 


Hal yang terbaru adalah dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yang mengatur tentang perubahan Periode masa jabatan Wali Nagari termasuk masa jabatan semua Bamus Nagari.


Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Padang Pariaman Hendri Satria menjelaskan bahwa sebelum keluarnya Undang Nomor 3 Tahun 2024 ini, masa jabatan Wali Nagari dan Bamus Nagari adalah selama 6 (enam) tahun. Kemudian dengan berlakunya Undang Nomor 3 Tahun 2024, Wali Nagari dan Bamus Nagari memegang jabatan selama 8 (delapan) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan'


"Kemudian pada pasal 118 huruf e menyebutkan bahwa Kepala Desa yang berakhir masa jabatannya sampai dengan bulan Februari 2024 dapat diperpanjang sesuai dengan ketentuan Undang-Undang ini”. 


menindaklanjuti itu, katanya Bupati Padang Pariaman menerbitkan Surat Keputusan Bupati Nomor 272/KEP/BPP/2024 tentang Pengesahan Perpanjangan Masa Jabatan Wali Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Dimana Perpanjangan masa jabatan ini untuk 56 (lima puluh enam) Wali Nagari dari 74 (tujuh puluh empat) Wali Nagari periode 2018-2024 yang akhir masa jabatannya pada tanggal 31 Mei 2024. 


"Sehingga setelah diperpanjang mak, masa jabatannya akan berakhir sampai dengan tanggal 31 Mei 2026" sebut Hendri


Kemudian Dia menambahkan ke delapan belas Wali Nagari yang saat ini dijabat oleh Penjabat Wali Nagari, direncanakan pada tahun 2025 akan diselenggarakan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Serentak pada 18 Nagari tersebut.


"Tahun 2025 nanti akita akan laksanakan pemilihan Wali Nagari Serentak untuk 18 Nagari tersebut" imbuhnya 


Sementara itu terkait dengan masa jabatan Bamus Nagari di Padang Pariaman, katanya Sesuai dengan Surat Edaran dari Menteri Dalam Negeri Nomor 100.3.5.5/2625/SJ Tanggal 5 Juni 2024 Perihal Penegasan ketentuan perubahan pasal peralihan terkait Kepala Desa dan Bamus dalam UU Nomor 3/2024. Maka kita juga telah menerbitkan Keputusan Bupati Padang Pariaman tentang Perpanjangan Masa Jabatan Bamus Nagari di 103 Nagari kita di Kabupaten Padang Pariaman, selain itu juga telah diterbitkan Keputusan Bupati Padang Pariaman tentang Perpanjangan Masa Jabatan 28 Wali Nagari yang seharusnya berakhir pada tahun 2027 menjadi berakhir tahun 2029.


"Sehingga secara keseluruhan kita sudah memenuhi amanah ketentuan perpanjangan masa jabatan Wali Nagari dan Bamus Nagari di Kabupaten Padang Pariaman" tutupnya

(Red/lkp)

Bolasport

×
Berita Terbaru Update