-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Padang Pariaman

https://www.mardatanews.com/2024/01/hadiri-malam-syukuran-bersama.html

Tag Terpopuler

Gorong-gorong Saluran Irigasi Tertimbun Proyek Jalan Provinsi

Selasa, 16 Juli 2024 | Juli 16, 2024 WIB Last Updated 2024-07-16T02:46:58Z

     Terbit selasa,16 juli 2024

Mardatanews.com.Malalak,Para petani kawasan Jorong Subarang Pakan Usang Nagari Malalak Timur, Agam kini  mengeluhkan kondisi tersumbatnya aliran irigasi di daerah mereka, seiring tertimbunnya saluran air yang membujur di ruas jalan provinsi di kawasan itu.


Dengan alasan itu tak heran jika kondisi itu membuat para petani menjadi begitu resah. Pasalnya sudah lebih sebulan lamanya air di sekitar pengerjaan proyek jalan provinsi itu tidak lagi mengalir ke lahan pertanian mereka, sebagaimana harusnya.


"Makanya saat ini banyak sawah warga yang terlantar. Luasnya diperkirakan  bahkan mencapai 30 hektar lebih. Belum lagi kolam ikan milik warga yang mengalamin kekeringan, hingga berakibat ikan yang ada di dalamnya juga  banyak yang mati," terang seorang warga kepada koran ini kemarin.


Masih menurut warga yang keberatan namanya dikorankan  itu, seharusnya saat ini warga atau petani setempat sudah saatnya turun ke sawah, namun akibat tertimbunnya saluran irigasi yang membentang di ruas jalan Malalak-Sicjncin-Balingka itu, berakibat 

warga tidak bisa turun ke sawah.


Menanggapi hal itu, Camat Malalak, Zulwardi yang dikonfirmasi melalui ponselnya Rabu kemarin tidak menampik adanya keresahan yang dialami warga di kawasan itu.


"Memang kita dari pemerintahan kecamatan sudah mendapatkan informasi atau laporan dari warga, makanya saya  sudah langsung koordinasikan dengan pihak penanggungjawab penanganan ruas jalan tersebut, dalam hal ini  pihak PUPR Provinsi,"terangnya.


Kesimpulannya lanjut Zulwardi pihak terkait yang bertanggungjawab menangani perbaikan ruas jalan di kawasan itu berjanji akan sesegeranya menanggulanginya."informasi yang kita terima, gorong-gorong di tempat itu akan segera diganti dengan pipa besi seukuran batang pinang kira kira begitulah, dengan begitu tentu diharapkan air kembali akan bisa dialirkan  ke lahan pertanian milik masyarakat di kawasan itu," ungkap Zulwardi, sembari mengirimkan foto contoh pipa yang diterimanya melalui kiriman WA dari pejabat terkait di lingkungan Dinas PUPR Sumbar. 


Masih menurut informasi yang diterimanya sebut  Zulwardi, kerusakan yang terjadi akibat amblasnyo gorong gorong di kawasan itu ke depannya rencananya akan dibenahi secara permanen, sementara pemasangan pipa besi itu sendiri sifatnya hanya bersifat sementara. "Karena itu kepada masyarakat tentunya kita himbau agar dapat bersabar, sembari menunggu pemasangan pipa besi itu dilakukan dalam waktu tidak berapa lama lagi,"terangnya mengakhiri. (Mn)

Bolasport

×
Berita Terbaru Update