-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Padang Pariaman

https://www.mardatanews.com/2024/01/hadiri-malam-syukuran-bersama.html

Tag Terpopuler

Bupati Suhatri Bur Harapkan TMMD Berlanjut Tiap Tahun

Rabu, 24 Juli 2024 | Juli 24, 2024 WIB Last Updated 2024-07-24T11:37:23Z

       Terbit rabu,24 juli 2024

 

Mardatanews.com.PADANGPARIAMAN--Pembukaan Kegiatan TNI Manunggal Membangun  Desa (TMMD), yang dipusatkan di lapangan bola Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Gerinbgging Padangpariaman Rabu (24/7) kemarin tampak mendapat sambutan luas dari berbagai lapisan warga yang ada di daerah itu. Hal itu setidaknya terlihat dari tingginya antusiasme berbagai lapisan masyarakat saat menghadiri jalannya acara pembukaan TMMD pada Rabu kemarin, yang terlihat berjalan dengan aman dan lancar.  


Seperti diakui Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joenaldy Rabu kemarin, keberadaan TMMD tentunya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, baik itu dalam membantu memfasilitasi  merehabilitasi atau memperbaiki berbagai fasilitas sarana parasarana ataupun keperluan pembukaan wilayah sesuai kebutuhan masyarakat setempat. Demikian pula meningkatkan berbagai fasilitas sosial atau fasilitas umum lainnya. Dengan begitu manfaatnya tentu juga bisa berdampak positif  membantu peningkatan ekonomi masyarakat di daerah itu.


"Karena itu kita tentunya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran TNI, begitu pula halnya jajaran Kodim 0308 Pariaman yang telah menjadikan Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu ini sebagai lokasi TMMD tahun ini, karena bagaimanapun kegiatan TMMD ini jelas akan turut membantu program pemerintah, khususnya dalam mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh dan  memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," terangnya. 


Ditegaskan pula, seperti diketahui, dalam kegiatan TMMDN ini antara lain meliputi pembangunan fisik dan non fisik, perbaikan sarana infrastruktur dan sarana parasarana umum lainnya yang jadi kebutuhan masyarakat, program rehab rumah tidak layak huni dan perbaikan fasilitas lainnya. Demikian pula pengadaan fasilitas air bersih, pembukaan ruas jalan yang nantinya diharapkan bisa membuka keterisoliran wilayah, sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 


Danrem 032  Wirabraja, Brigjen. TNI Wahyu Eko Purnomo dalam kesempatan itu berharap, agar selama kegiatan TMMD kali ini  bisa tercipta kerjasama atau kolaborasi yang baik antara TNI dengan berbagai lapisan masyarakat, demikian pula pihak terkait lainnya. "Dengan begitu  manfaat dari kegiatan TMMD kali ini tentunya benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat di daerah ini," tegasnya.


Sebagaimana diketahui, bahwa kegiatan TMMD sebut Danrem Brigjen TNI. Wahyu Eko Purnomo, juga merupakan wujud atau sarana kemanunggalan TNI dengan rakyat. Dimana apapun kesulitan yang dirasakan masyarakat juga adalah kesulitan nya bagi jajaran TNI yang juga merupakan bagian dari rakyat. Dan selanjutnya, itulah yang perlu dicarikan solusi ataupun solusi sebagai pemecahannya. "Demikian pula kegembiraan rakyat tentu juga kebahagiaan bagi kita juga. Makanya melalui kegiatan TMMD kali ini kita tentu berharap berbagai kesulitan masyarakat ke depannya bisa diatasi sedemikian rupa," imbuhnya.  


Dandim 0308 Pariaman Letkol. Inf. Dwi Widodo selaku Dansatgas TMMD yang dipusatkan di Kabupaten Padangpariaman kali ini juga menegaskan, kegiatan TMMD kali ini antara lain menyasar kegiatan fisik dan non fisik lainnya. Diantaranya pembukaan badan jalan sepanjang 2,2 KM, pemasangan 6 titik gorong-gorong, program perbaikan atau rehab 14 unit RTLH. Demikian pula program pembangunan empat titik fasilitas sarana air bersih, yang merupakan programn unggulan langsung dari Kasad TNI. "Selain itu juga ada pengadaan dua titik sumur bor, pembangunan 3 unit fasilitas WC, pembangunan 4 titik jembatan  plat serta sejumlah kegiatan fisik dan non fisik lainnya. Seperti sosialisasi dan penyuluhan hukum, sosialisasi bahaya narkoba, sosialisasi keagamaan serta sejumlah kegiatan lainnya," terangnya. 


Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur Dt. Putiah mengakui selaku kepala daerah Padangpariaman pihaknya jelas sangat merasakan kebahagiaan dengan adanya kegiatan TMMD yang dipusatkan di Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padangpariaman. "Ini tentunya jelas sebuah kebahagiaan bagi kita masyarakat dan pemerintah Kabupaten Padangpariaman, apalagi dalam sejarahnya sejak pertamakali TMMD di gelar di daerah kita setelah itu nyaris selalu rutin digelar setiap tahunnya, hingga kegiatan TMMN yang berlangsung hari ini. 


"Awalnya kegiatan ini sebenarnya tidak dipusatkan di sini, tapi karena adanya harapan dan permintaan dari masyarakat, termasuk oleh walinagarinya, makanya  dasarkan karena memang kebutuhan masyarakat, akhirnya diputuskan bahwa kegiatan TMMN tahun ini dipusatkan di sini. Dan alhamdulillah, kita sama-sama bisa menyaksikan masyarakat di sini tampak sangat antusias sekali, apalagi salah satu kegiatan penting dari TMMD ini nantinya akan diarahkan untuk melakukan pembukaan ruas jalan sepanjang 2,2 KM menuju Alahan Pagang, yang selama ini terbilang masih terisolir akibat belum adanya fasilitas jalan menuju daerah itu," terang Aciak, begitu panggilan akrabnya. 


Makanya untuk mendukung program pembukaan jalan maupun membuka keterisoliran wilayah di daerah itu, pihaknya dari Pemkab Padangpariaman sebut Suhatri Bur sengaja menggelontorkan anggaran sebesar Rp.1,2 miliar, sekaligus menggandeng kolaborasi dengan pihak TNI melalui kegiatan TMMD yang berlangsung saat ini, demikian pula partisipasi dan kolaborasi dari jajaran Baznas Padangpariaman dan PT. Semen Padang terkait kebutuhan  rehab RTLH, dan tentunya kolaborasi dan partisipasi aktif lainnya dari jajaran TNI selama berlangsungnya kegiatan TMMD di daerah itu.  


Pihaknya sebut Suhatri Bur tentunya  sangat optimis, jika kegiatan TMMD yang dipusatkan di daerah itu jelas akan sangat berdampak positif, tidak hanya terhadap pembukaan wilayah, namun juga akan berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di daerah itu."Maskanya tentu besar harapan kita kepada jajaran TNI agar ke depannya, kegiatan ini hendaknya terus bisa berlanjut setiap tahunnya," terangnya mengakhiri. (MN)

Bolasport

×
Berita Terbaru Update