-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Padang Pariaman

https://www.mardatanews.com/2024/01/hadiri-malam-syukuran-bersama.html

Tag Terpopuler

Puluhan Orang Demo Kantor Gubernur Sumbar, Protes Galian C Ilegal di Padang Pariaman

Rabu, 06 Desember 2023 | Desember 06, 2023 WIB Last Updated 2023-12-06T04:08:54Z

     Terbit Rabu,6 Desember 2023

Mardatanews.com, PADANG- Aliansi Masyarakat Menggugat Perusak Lingkungan (Ammuak) Piaman Laweh menggelar aksi di Depan Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (5/12/2023)


Massa yang berjumlah puluhan orang ini tampak memulai aksi sekitar pukul 14.30 WIB. Mereka membawa spanduk dan menyampaikan orasi bergantian.


Tampak spanduk bertuliskan: usut tangkap oknum aparat TNI Polri/ Aparat, Imapar UIN IB Padang minta usut tuntas galian C Ilegal lagi.


Koordinator Aksi Aan Nofrianda mengatakan elemen masyarakat Kabupaten Padang Pariaman yang tergabung dalam Aliansi Ammuak Piaman Laweh sangat menyesalkan dan prihatin atas maraknya penambangan galian C ilegal yang terjadi di sepanjang aliran Sungai Batang Anai, Kecamatan Lubuk Alung.


Menurutnya, Pemkab Padang Pariaman maupun pemerintah Sumatera Barat serta aparat kepolisian baik Polres Padang Pariaman Dan Polda Sumbar seolah-olah tutup mata atas maraknya penambangan galian c ilegal di sepanjang aliran Sungai Batang Anai tersebut.


Lanjutnya, tidak ada pengawasan dan penegakan hukum atas tindakan perusakan lingkungan yang terjadi secara terang benderang dan terbuka.


"Sudah pasti penambangan tersebut tidak ada izin dari pemerintah yang berwenang, oleh karena itu tindakan tersebut sudah merupakan tindak pidana yang harus ditindak tegas, pelakunya diproses hukum, ditangkap, diadili dan dihukum sesuai hukum yang berlaku," katanya.


Aan Nofrianda mengatakan bahwa aliran Sungai Batang Anai Lubuk Alung adalah sumber mata pencaharian, sumber air bersih, sumber daya air untuk persawahan/pertanian masyarakat 


Lanjutnya jika aliran sungai Batang Anai sudah rusak maka hancur masa depan hidup manusia di sepanjang aliran Sungai Batang Anaimulai dari Kec. 2x11 Kayu Tanam, Kec Lubuk Alung Dan Kec. Batang Anai yang pada umumnya akan menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat Padang Pariaman.


"kami ingin menyatakan bahwa telah sangat banyak dampak besar yang ditimbulkan dengan penambangan," katanya


Ia menambahkan galian c ilegal menghancurkan lahan pertanian masyarakat, hancurnya bangunan sekolah, rumah masyarakat dekat aliran sungai rusaknya infrastruktur jalan dan jembatan, seperti runtuhnya Jembatan Sikabu beberapa waktu lalu.


(Rmsi)

Bolasport

×
Berita Terbaru Update