-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Padang Pariaman

https://www.mardatanews.com/2024/01/hadiri-malam-syukuran-bersama.html

Tag Terpopuler

Tiga Nagari Di Padang Pariaman Dikukuhkan Menjadi Nagari Sadar Hukum Tahun 2023

Kamis, 23 November 2023 | November 23, 2023 WIB Last Updated 2023-11-23T12:49:45Z

     Terbit kamis, 23 November 2023

mardatanews. com. Parit Malintang, - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur berikan apresiasi kepada tiga Nagari di Padang Pariaman, yang dikukuhkan menjadi Nagari Sadar Hukum Tahun 2023 oleh Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Propinsi Sumatera Barat, Haris Sukamto. Pengukuhan tersebut di laksanakan di Pangeran Beach Hotel Padang, pada Senin, (20/11).


Nagari tersebut adalah Nagari Padang Toboh Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis, Nagari Kampuang Galapuang Kecamatan Ulakan Tapakis, dan Nagari Sungai Buluah Kecamatan Batang Anai.


"Kita berikan apresiasi kepada tiga Nagari di Padang Pariaman yang telah dikukuhkan menjadi Nagari sadar hukum" Ujar Suhatri Bur di ruang kerjanya, kemarin (21/11).


Dia melanjutkan Pengukuhan Nagari Sadar Hukum bagi tiga Nagari tersebut, akan menjadi barometer bagi seratus nagari lain yang ada di Padang Pariaman, dalam upaya aksi nyata meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dalam bernagari.


"Saya berharap tiga nagari ini akan menjadi batometer bagi nagari Nagari lain di Padang Pariaman dalam upaya meningkatkan kesadaran hukum dan budaya hukum di tengah masyarakat," tambahnya.




Kepala KemenkumHAM Sumbar, Haris Sukamto pada saat pengukuhan tersebut menjelaskan bahwa pengukuhan nagari, desa, atau kelurahan binaan sadar hukum didasarkan pada nilai indeks sadar hukum yang telah dipenuhi oleh masing-masing nagari, desa atau kelurahan.


Nilai tersebut meliputi empat dimensi yakni akses informasi hukum, implementasi hukum, akses keadilan, serta dimensi demokrasi dan regulasi.Haris mengatakan pada tahun 2023 ini kita mengukuhkan lima belas nagari dan satu kelurahan binaan sadar hukum, itu ditujukan untuk memberikan legalitas terhadap nagari bersangkutan.


"Dengan menyandang predikat binaan sadar hukum diharapkan setiap nagari atau kelurahan bisa menjadi ujung tombak dalam upaya bersama menguatkan hukum di daerah," harapnya.


Sementara itu Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Riki Zakaria menyebutkan, pengukuhan ketiga Nagari telah memenuhi syarat dari beberapa rangkaian proses dan pemenuhan yang dilalui dalam memenuhi beberapa indikator yang sudah ditetapkan.


"Mulai dari pengisian kuisioner, dari tahun 2022, dilanjutkan proses verifikasi dan visitasi ke lokasi nagari, sehingga dari beberapa Nagari yang di usulkan ditetapkan 3 (tiga) Nagari memenuhi persyaratan," ujarnya.


Pengukuhan tersebut langsung dihadiri oleh Tiga Wali Nagari yang diutus Bupati Padang Pariaman, didampingi oleh Kepala Bagian Hukum beserta jajaran.


(Red/lkp)


Bolasport

×
Berita Terbaru Update